Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Metode Cerita Boneka Tangan Dan Audiovisual Terhadap Peningkatan Keterampilan Gosok Gigi Pada Anak Prasekolah
Daftar Isi:
- Prevalensi penyakit gigi dan mulut masih tinggi pada anak prasekolah yaitu karena terabaikannya kebersihan gigi dan mulut. Salah satu cara merubah keterampilan gosok gigi anak yaitu dengan memberikan penyuluhan kesehatan dengan metode cerita boneka tangan dan audiovisual. Tujuan: Untuk mengetahui efektifitas penyuluhan kesehatan gosok gigi menggunakan metode cerita boneka tangan dan audiovisual pada anak prasekolah di TK Al-Ridho Blimbing Malang. Metode: Quasy eksperimental dengan pendekatan pre test-post test design with comparison group. Besar sampel masing-masing 27 anak untuk kelompok perlakuan dengan cerita boneka tangan dan audiovisual. Teknik sampling simple random sampling. Hasil: Uji wilcoxon pada kelompok perlakuan dengan cerita boneka tangan di dapatkan nilai p= 0,00, artinya ada perbedaan antara pretest dan postest. Uji Wilcoxon pada kelompok penyuluhan kesehatan menggunakan audiovisual didapatkan nilai P=0,00, artinya ada perbedaan antara pretest dan postest. Uji man Whitney menunjukkan p= 0,02, artinya ada perbedaan nilai keterampilan gosok gigi yang bermakna antara kelompok perlakuan penyuluhan kesehatan gosok gigi dengan cerita boneka tangan dan audiovisual. Kesimpulan: Terdapat perbedaan efek penyuluhan kesehatan dengan metode cerita boneka tangan dan audiovisual terhadap peningkatan keterampilan gosok gigi pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Ridho Blimbing Malang.