Analisis Product Knowledge, Kredibilitas Tenaga Penjual, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk KRASIDA Berdasarkan Persepsi Nasabah pada PT. Pegadaian Kotalama Malang
Main Author: | Rozi, Indhira Farah Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/12372/1/Indhira%20Farah%20Putri%20Rozi.pdf http://repository.ub.ac.id/12372/ |
Daftar Isi:
- Kredit Angsuran Gadai (KRASIDA) merupakan salah satu kredit yang disediakan oleh PT. Pegadaian Kotalama Malang. Dilihat dari jumlah nasabah pada perusahaan, tercatat adanya perbandingan jumlah nasabah yang tidak sesuai dengan target yang diinginkan oleh perusahaan. Hal tersebut disebabkan oleh keputusan pembelian terhadap produk KRASIDA yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penilaian product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk untuk mengetahui keputusan pembelian dari nasabah terhadap penggunaan KRASIDA. Sehingga dapat dilakukan perbaikan guna meningkatkan keputusan pembelian pada nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang sedang menggunakan produk kredit pada PT. Pegadaian Kotalama Malang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner tertutup dengan jumlah responden 257 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda. Dengan metode regresi linear berganda dapat dihitung besar perubahan pada lebih dari satu variabel bebas dengan variabel terikat. Maka dari itu, metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian yang diperoleh pada uji F yaitu untuk F hitung diperoleh nilai 373,758 sedangkan pada F kritis nilai yang diperoleh yaitu 2,64 dengan alpha yaitu 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel product knowledge, kredibilitas tenaga penjual, dan kualitas produk mempengaruhi variabel keputusan pembelian nasabah. Sedangkan secara parsial variabel-variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian nabasah adalah variabel product knowledge, dan kualitas produk dengan perolehan nilai Uji t kritis dengan nilai alpha sebesar 0,05 yaitu 1,969 sedangkan untuk uji t hitung diperoleh nilai 11,345 untuk variabel product knowledge, dan 5,508 untuk variabel kualitas produk. Persamaan nilai yang didapatkan pada hasil analisis regresi linear berganda yaitu Y= 0,192 + 0,261 X1 +0,006 X2 + 0,132 X3. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui variabel-variabel yang memiliki kontribusi besar terhadap keputusan pembelian berturut-turut dari yang terbesar adalah product knowledge dan kualitas produk. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan adalah pihak perusahaan melakukan peningkatan periklanan pada media cetak dan media sosial guna meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk pada perusahaaan, menerapkan penjualan tatap muka (personal selling) antara perusahaan dengan calon pembeli, dan melakukan publisitas (publicity) dengan cara memberikan informasi terkait dengan penghargaan yang telah diraih oleh perusahaan agar masyarakat mengetahui produk yang terdapat pada perusahaan.