Hubungan Pola Stimulasi Kemandirian Oleh Ibu Oleh Ibu Dengan Perkembangan Kemandirian Anak Prasekolah di TK Al-Masyithoh I Lawang

Main Author: Sari, MayaRachmah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123689/
Daftar Isi:
  • Masa prasekolah merupakan masa penting bagi anak melaksanakan tugas-tugas perkembangan kemandirian sebelum menempuh pendidikan formal. Jika anak selalu mendapatkan bantuan dari orang tua maka anak akan menjadi semakin bergantung. Oleh karena itu, anak membutuhkan stimulasi dari lingkungan sekitar dalam mengoptimalkan kemandiriannya. Sumber stimulus dapat diberikan dari ibu sebagai orang yang paling berpengaruh bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola stimulasi kemandirian oleh ibu dengan perkembangan kemandirian anak prasekolah di TK Al-Masyithoh Lawang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu postpartum primipara dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah pola stimulasi kemandirian oleh ibu dan perkembangan kemandirian anak prasekolah. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas ibu menerapkan pola stimulasi kemandirian yang cukup sebanyak 33 orang (49,3%). Sebagian besar ibu memiliki anak dengan perkembangan kemandirian cukup sebanyak 30 orang (44,8%). Berdasarkan uji korelasi spearman rank, diperoleh nilai korelasi (r) 0,566 dan nilai p=0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola stimulasi kemandirian oleh ibu dan perkembangan kemandirian anak prasekolah. Berdasarkan penelitian ini, diperlukan peran aktif tenaga kesehatan untuk memberikan edukasi dan kolaborasi dengan insitusi pendidikan tentang pola stimulasi kemandirian dan perkembangan kemandirian anak prasekolah.