Perbedaan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Antara yang Pernah Mengikuti PAUD dan yang Tidak Mengikuti PAUD di TK PIG Malang

Main Author: Dewi, Sucitra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123602/
Daftar Isi:
  • Bahasa adalah bentuk komunikasi pikiran dan perasaan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain. Perkembangan bahasa pada anak sangat dipengaruhi oleh stimulasi. Salah satu stimulasi yang bisa didapat adalah dengan mengikutsertakan anak dalam program PAUD atau dengan stimulasi yang diberikan ibu dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan bahasa anak prasekolah antara yang pernah mengikuti PAUD dan yang tidak mengikuti PAUD. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 64 responden. Data diambil dengan observasi langsung dan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisa menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki perkembangan bahasa yang baik yaitu sebanyak 25 responden (43%). Hasil uji chi-square (Nilai signifikansi p=0.001) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dan keeratan hubungan yang cukup signifikan mengenai perbedaan perkembangan bahasa anak prasekolah yang pernah mengikuti PAUD dan yang tidak mengikuti PAUD di TK PIG Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar para ibu yang tidak menyekolahkan anaknya di PAUD tetap meningkatkan stimulasi yang tepat agar perkembangan bahasa anaknya optimal.