Hubungan Kinerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas di Ruang Dahlia II RSUD Ngudi Waluyo Wlingi
Main Author: | Metrikayanto, WahyuDini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123569/ |
Daftar Isi:
- Kinerja perawat adalah kegiatan yang diberikan perawat kepada klien berupa asuhan keperawatan untuk meningkatkan respon adaptasi. Kinerja perawat sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien Jamkesmas. Pada penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di Ruang Dahlia II RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Design penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional . Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling . Penelitian dilakukan pada tanggal 10 Desember-31 Desember 2012 dengan jumlah sampel perawat, 16 orang dan pasien Jamkesmas 35 orang. Analisis hubungan antar variable dengan menggunakan uji statistica Spearmen dengan nilai α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Correlation Coefficient sebesar -0,561 dengan ρ sebesar 0,024 yang artinya Ho ditolak dan dinyatakan terdapat hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di Ruang Dahlia II RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Oleh karena itu kinerja perawat harus dipertahankan agar kepuasan pasien Jamkesmas tetap terjaga.