Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Tingkat Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK Senaputra Kota Malang

Main Author: Yunita, Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123324/1/FULLTEXT.pdf
http://repository.ub.ac.id/123324/
Daftar Isi:
  • Usia prasekolah merupakan masa keemasan bagi anak. Pada usia ini seluruh aspek perkembangan kecerdasan tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Berbagai faktor berperan dalam perkembangan kecerdasan emosional anak, salah satunya adalah pola asuh. Kemampuan orangtua dalam mengembangkan pola asuh yang diterapkan pada anak secara tepat dapat mendorong perkembangan kecerdasan emosional anak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-6 tahun). Desain penelitian yang digunakan adalah studi korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional . Cara pengambilan sampling adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling . Jumlah sampel yang digunakan adalah 57 orangtua siswa TK Senaputra Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-6 tahun). Berdasarkan uji korelasi spearman rank dengan nilai korelasi positif sebesar 0,909 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan pola asuh orangtua dengan kecerdasan emosional anak usia prasekolah. Disarankan bagi orangtua untuk menggunakan pola asuh demokratis dalam mengasuh anak, agar kecerdasan emosional anak berkembang dengan baik.