Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model Kooperatif Jigsaw dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SMKN 3 Blitar Tentang Seks Bebas

Main Author: Rachmawati, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123302/1/051300307.pdf
http://repository.ub.ac.id/123302/
Daftar Isi:
  • Perilaku seks bebas dikalangan remaja cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu upaya pencegahan atau penangulangan seks bebas adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan . Agar memperoleh hasil yang maksimal maka diperlukan pemilihan metode pendidikan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMKN 3 Blitar tentang seks bebas. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy-experiment dengan metode nonequivalent control group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa SMKN 3 Blitar yang dipilih dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling untuk dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw (n=45) dan kelompok kontrol dengan pendidikan kesehatan metode ceramah (n=45). Variabel yang diukur adalah perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang seks bebas. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai signifikansi 0,009. Disimpulkan ada perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan model kooperatif jigsaw dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang seks bebas. Sehingga disarankan kepada petugas kesehatan untuk memberikan pendidikan kesehatan dengan metode bervariasi agar diterima oleh peserta didik dengan baik sebagai upaya pencegahan masalah kesehatan serta untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan kesehatan.