Manajemen Impresi Fashion oleh Pengguna Instagram (Studi Fenomenologi pada Foto Fashion Ber-hashtag HOOTD)
Main Author: | AyuAndini, Poppy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123214/1/SKRIPSI_POPPY_AYU_ANDINI_115120201111058.pdf http://repository.ub.ac.id/123214/2/7_JURNAL_SKRIPSI_POPY_AYU_ANDINI_115120201111058.pdf http://repository.ub.ac.id/123214/ |
Daftar Isi:
- Penelitian memberikan gambaran mengenai fenomena foto fashion #hootd yang diunggah pada akuni nstagram yang kemudian digunakan penggunanya untuk mempresentaikan diri dan menciptakan sebuah kesan pada ruang publik online. Penelitian ini berfokus pada bagaimana para pengguna fashion hijab melalukan manajemen impresi pada akun instagramnya. Merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Menggunakan wawancara mendalam dengan mahasiswa Kota Malang yang menggunakan hijab dan menguggah foto fashion #hootd. Hasil penenlitian ini menemukan Mahasiswa mempresetasikan dirinya melalui fashion hijab untuk menunjukkan bahwa selain mereka memenuhi perintah agama mereka juga ingin dinilai sebagai seorang yang tampil modis dan fashionable. Kemudian mereka mempresentasikan dirinya pada akuni nstagram dengan melakukan manajemen impresi yang terdiri dari konstruksi impresi meliputi: menggunakan fashion terbaik menurut pandangan subjek mereka, memilih background foto, setelah itu melakukan editing foto untuk menutupi dan memperbaiki ketidak sempurnaan. Selanjutnya aktor perlu menuliskan caption yang didalamnya terdapat berbagai hashtag seperti #ootd, #hootd, #hijab, #fashion, #fashionhijab. Kontruksi impresi dipengaruhi oleh Motivasi impresi yaitu ingin dipuji. Diakui dan mendapat feedback penghargaan dari pengguna lain berupa likes, comments ataupun bertambahnya jumlah followers akun mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengguna instagram yang mempunya imotivasi impresi yang lebih tinggi dari pengguna lain yaitu ingin mendapatkan penghargaan yang lebih dan membentuk kesan bahwa akun instagramny amerupakan akun instagram yang khusus mengunggah foto #hootd, akan melakukan konstruksi impresi lebih tinggi juga dari pada pengguna lain. Dapat dilihat melaluis trategi-strategi dan usaha yang lebih yang dilakukan pada backstages ebelum mengunggah foto#hootd.