Persaingan Media Sosial di Malang (Analisis Teori Niche dalam Mengukur Persaingan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram)

Main Author: Choirunnisa, Angga Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123174/7/SKRIPSI_PERSAINGAN_SOSIAL_MEDIA_DI_MALANG.pdf
http://repository.ub.ac.id/123174/8/JURNAL_ANGGA_RIZKY_C_125120200111079_ILMU_KOMUNIKASI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian mengenai kompetisi media sosial. Peneliti menggunakan kombinasi analisis Teori Niche dan Teori Uses and Gratifications untuk menganalisis persaingan media sosial berdasarkan kepuasan penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui kepuasan yang diperoleh pengguna media Facebook, Twitter, dan Instagram. Analisis kompetisi ketiga media sosial untuk memperebutkan pangsa pasar dihitung berdasarkan niche breadth, niche overlap, dan competitive superiority. Penelitian dari 90 mahasiswa dari tiga universitas negeri di Malang menunjukkan bahwa: 1). Pengukuran niche breadth mengindikasikan bahwa Twitter adalah media sosial yang generalis, 2). Perhitungan niche overlap menunjukkan bahwa Facebook dan Twitter adalah pasangan media sosial yang paling kompetitif, 3). Perhitungan competitive superiority mengindikasikan bahwa Twitter adalah media sosial yang paling superior dibandingkan Facebook dan Instagram.