Studi Elaboration Likelihood Model Pada Pengaruh Penggunaan Video Review Produk Kosmetik Dalam Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen

Main Author: Harnuksmoputri, Ayusufi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123143/
Daftar Isi:
  • Asumsi dasar dari teori Elaboration Likelihood Model menyatakan bahwa proses berfikir manusia dibedakan menjadi dua rute berfikir, yaitu sentral dan peripheral. Pada rute sentral diketahui bahwa individu akan menaruh perhatian lebih terhadap informasi yang diterimanya sehingga kualitas argumen dan kebutuhan kognisi mempengaruhi rute sentral untuk mengelaborasi pesan lebih dalam. Sedangkan pada rute periferal diketahui bahwa individu menaruh perhatiannya pada isyarat heuristik dari sebuah pesan seperti sumber yang kredibel dan jumlah opini yang lebih banyak dibandingkan isi argumen. Sehingga pada rute periferal tidak memerlukan proses elaborasi yang mendalam terhadap pesan. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan media sosial YouTube yang digunakan sebagai media marketing melalui format video review. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Variabel X dalam penelitian ini yaitu argument quality (X1), Kebutuhan Kognisi (X2), Credibility (X3), dan quantity of review (X4), sedangkan untuk variabel Y yaitu minat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ekplanatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah subscriber dari salah satu pembuat konten YouTube bertema beauty lifestyle bernama Abel Cantika. Sample pada penelitian ini di ambil sejumlah 100 responden. Hasil yang didapat adalah keempat variabel memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli konsumen baik melalui rute sentral dan rute periferal. Skor tertinggi dari keempat variabel didominasi oleh vairabel credibility yang mana variabel tersebut masuk kedalam rute periferal. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu penggunaan format video review yang meningkat maka akan diikuti dengan peningkatan minat pembelian.