Online Impression Management (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Fisip Universitas Brawijaya Pengguna Media Sosial Snapchat)

Main Author: Arhan, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123124/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas bagaimana usaha mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya dalam mengelola kesan di Snapchat. Snapchat merupakan media sosial yang populer dikalangan generasi milenial karena menawarkan fitur-fitur yang tidak dimiliki media sosial lain. Kontennya yang bersifat aktual memfasilitasi penggunanya untuk berbagi kegiatan sehar-hari, salah satunya adalah mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya. Melalui momen yang dibagikan di Snapchat, mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya membentuk kesan sesuai yang mereka inginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana usaha mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya dalam mengelola kesan di Snapchat. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan dramaturgi milik Erving Goffman, tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana presentasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya serta persiapan khusus di backstage oleh mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya sebelum membagikan sebuah momen di front stage. Hasil dari penelitian ini yang dirangkum berdasarkan rumusan masalah dan fokus penelitian bahwa mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya cenderung melakukan presentasi diri sebagai bentuk strategi pengelolaan kesan di Snapchat. Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya cenderung menggunakan Snapchat sebagai sarana pengelolaan kesan karena fitur-fiturnya menunjang untuk melakukan pengelolaan kesan. Selain itu, di balik pengelolaan kesan yang dilakukan oleh mahasiswa FISIP Unversitas Brawijaya menunjukkan bahwa mereka ingin mendapakan pengakuan sosial dari audience berupa tanggapan sehingga mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya memperoleh eksistensi diri dari pengakuan sosial tersebut.