Skala Identitas Etnik Dengan Pendekatan Delayed Alternate Form (Desain A’ – A)
Main Author: | Ulumiyah, Khafidhotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123113/1/DRAFT_SKRIPSI_KHAFIDHOTUL_ULUMIYAH_135120301111092.pdf http://repository.ub.ac.id/123113/2/FILE_NASKAH_JURNAL.pdf http://repository.ub.ac.id/123113/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat reliabilitas dari alat ukur skala identitas etnik (EIS) dengan pendekatan delayed alternate form pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah 217 siswa SMAN 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan delayed alternate form desain A’- A. Pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali dengan interval waktu dua minggu. Administrasi tes pertama menggunakan skala identitas etnik form A’ dan tes kedua menggunakan skala identitas etnik form A. hasil analisis dengan teknik the coefficient of stability and equivalence menunjukkan hasil korelasi antar dimensi pada dimensi eksplorasi sebesar (r = .78), dimensi komitmen sebesar (r = .80) dan dimensi afirmasi sebesar (r=.77). Pada korelasi antar item diperoleh hasil korelasi dengan kategori tinggi (.71 - .78) sejumlah 7 item dan kategori sedang (.51 - .68) sejumlah 10 item. Kemudian, teknik rit menunjukkan bahwa semua item memiliki rit ≥ .30.