Hubungan Antar Pribadi Atasan Dan Bawahan Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan (Studi Deskriptif Kualiatif Pada Utero Advertising Malang )

Main Author: FurqantikaYudianto, Maharani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123104/1/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/2/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/3/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/4/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/5/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/6/8._JURNAL_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123104/
Daftar Isi:
  • Tingginya angka turnover dalam perusahaan menunjukkan rendahnya loyalitas karyawan. Komunikasi dengan atasan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan. Karena dalam meningkatkan loyalitas karyawan diperlukan komunikasi dan juga hubungan yang baik, maka komunikasi antar pribadi memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan loyalitas karyawan. Dalam menjalin komunikasi antar pribadi yang baik power yang dimiliki atasan dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan dengan bawahannya, bahkan dapat berperan dalam meningkatkan loyalitas karyawan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, dengan tataran analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan jenis wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah atasan dan bawahan Utero Advertising Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah berdasarkan Miles dan Huberman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana komunikasi antar pribadi yang terjadi antara atasan dan bawahan Utero Advertising, dan melihat komunikasi antar pribadi sebagai upaya untuk membangun loyalitas karyawan Utero Advertising. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi yang terjalin antara atasan dan bawahan yang menjadi informan dalam penelitian ini telah sampai pada tahap sharing information. Pada tahap ini mereka telah saling berbagi informasi pribadi dan saling memahami karakteristik masing-masing. Manajer dan bawahan yang menjadi informan dalam penelitian ini juga memiliki hubungan antar pribadi yaitu networking relationship dan juga mentoring relationship. Sharing information sekaligus merupakan sharing power antara atasan dan bawahan. Atasan yang memiliki power berupa informasi dapat berbagi dengan bawahan. Power berupa informasi yang dibagikan kepada bawahan dapat menjadikan bawahan loyal terhadap perusahaan.