Brand Culture Dalam Iklan Produk Kosmetik Wardah (Analisis Isi Pada Iklan Produk Kosmetik Wardah Di Televisi Periode 2012- 2016)
Main Author: | M, DyayuParamitha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123074/1/Jurnal_Skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/123074/2/051700818.pdf http://repository.ub.ac.id/123074/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan brand culture dalam iklan produk kosmetik Wardah pada tahun 2012 hingga tahun 2016. Menurut Maden (2013) brand culture adalah inti dari sebuah brand dan merupakan bagian dari suatu budaya di perusahaan yang menampilkan nilai dasar dari suatu brand. Brand culture juga mengacu pada kombinasi unsur yang mengidentifikasi dan membedakannya dengan produk dan jasa lainnya. Unsur tersebut adalah image, art, beliefs, dan history (Barbu, 2012). Selain itu menurut Maden (2013), emotional attributes, marketing strategy, intercultural management, language, perceived globalness, dan individual image juga merupakan unsur dari brand culture. Unsurunsur tersebut kemudian dijadikan sebagai kategori dari brand culture. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Jenis penelitian ini adalah analisis isi deskriptif dengan 32 iklan sebagai populasi serta sampel. Cooding sheet dan koder digunakan sebagai instrumen dalam penelitian. Koder yang digunakan berjumlah dua orang yang syaratnya pernah melakukan analisis isi sebelumnya. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu unit referensial, dimana peneliti mencatat dan menghitung kata-kata yang mirip, sepadan, atau punya arti dan maksud yang sama sebagai satu kesatuan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa brand culture dalam iklan produk kosmetik Wardah cenderung membawa label halal pada setiap produknya, brand culture Wardah juga cenderung menggunakan brand ambassador yang menggunakan hijab, dan cenderung mengingatkan tagline brand Wardah yaitu inspiring women pada setiap iklannya.