Pengaruh Pesan Majalah “Wedding Avenue” Vol 8 Terhadap Keputusan Pembelian Kebutuhan Pesta Calon Pengantin (Studi Pada Pelanggan Event Organizer Mahkota Enterprise)
Daftar Isi:
- Pesan merupakan sebuah komponen yang penting untuk terjadinya sebuah komunikasi, begitu pula dengan pesan yang terdapat dalam Majalah. Majalah merupakan salah satu media cetak yang keterkaitan konsumennya sudah teridentifikasi dengan baik dan pesan majalah harus menggugah perhatian calon konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah pesan majalah “Wedding Avenue” Vol 8 berpengaruh terhadap keputusan pembelian kebutuhan pesta calon pengantin yang dianalisis menggunakan teori S-O-R.Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif positivistik dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah 61 calon pengantin Mahkota Enterprise Kota Semarang dan Yogyakarta yang didapat melalui sampling random sederhana dengan Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pesan majalah “Wedding Avenue” Vol 8 terhadap keputusan pembelian kebutuhan pesta calon pengantin, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,067 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 dan dengan nilai regresi yang ditunjukkan pada nilai R Square yakni 0,458. Hal ini menunjukkan bahwa Pesan Majalah memiliki pengaruh sebesar 45,8% terhadap Keputusan Pembelian kebutuhan pesta calon pengantin. Selanjutnya dari penelitian ini ditemukan bahwa Teori S-O-R dapat diimplikasikan dengan penelitian ini.