Pengaruh Kredibilitas Sumber Pesan Dalam Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Dalam Keputusan Pembelian Konsumen @Cottonink Pada Produk Cottonink X Raisa)
Main Author: | Bilal, ShuhaNovrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123037/1/SKRIPSI_FULL_SHUHA_NOVRIANTI_BILAL.pdf http://repository.ub.ac.id/123037/2/JURNAL_SKRIPSI_SHUHA_NOVRIANTI_BILAL_135120207113002_ILMU_KOMUNIKASI.pdf http://repository.ub.ac.id/123037/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh, secara bersama-sama dan parsial, kredibilitas sumber pesan terhadap keputusan pembelian pada produk COTTONINK X Raisa dengan menggunakan teori Elaboration Likelihood Model pada rute periferal. Kredibilitas sumber pesan dijelaskan melalui 3 dimensi/variabel, yaitu: expertise, trustworthiness dan attractiveness. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif (analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif). Populasi responden adalah followers @cottonink, membeli produk COTTONINK X Raisa dan mencantumkan hashtag #cottoninkxraisa per tanggal 1 Maret 2017 sebanyak 150 orang. Selanjutnya dipilih sampel sebanyak 108 orang menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner secara online (google form). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara bersama-sama kredibilitas sumber pesan (expertise, trustworthiness dan attractiveness) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah attractiveness, disusul expertise dan trustworthiness. Secara parsial, hanya variabel attractiveness yang mempunyai pengaruh tambahan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel expertise dan trustworthiness tidak mempunyai pengaruh tambahan.