Pengaruh Word of Mouth Toko Oleh-Oleh Wicaksono Terhadap Keputusan Pembelian
Main Author: | Wicaksono, AlbertusElianGalih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123035/1/051703769-full_text.pdf http://repository.ub.ac.id/123035/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini, sering kali konsumen tidak mengetahui produk mana yang cocok dengan kebutuhannya sehingga penjualan produk akan barang atau jasa menjadi terhambat. Oleh karena itu, perusahaan selayaknya menggunakan promosi agar produknya diketahui oleh masyarakat dan bisa meningkatkan penjualan. Salah satu dari bagian promosi adalah Word of Mouth atau komunikasi dari mulut ke mulut. Penggunaan WOM semakin gencar dilakukan oleh perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil, mengingat sedikitnya biaya yang digunakan tetapi memiliki efek yang signifikan. Penelitian ini berfokus pada UKM yang menjual oleh-oleh yaitu toko oleh-oleh Wicaksono. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh WOM yang dilakukan oleh toko Wicaksono terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, yaitu variabel independen (X) dan Variabel dependen (Y). Variabel X di dalam penelitian ini adalah Word of Mouth, sedangkan untuk variabel Y adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menggunakan 100 orang sampel. Hasil yang didapat adalah Ha diterima, yaitu ada pengaruh yag signifikan dari Word of Mouth terhadap keputusan pembelian di toko oleh-oleh Wicaksono. Kesimpulan yang diperoleh adalah Word of Mouth memiliki ikatan yang kuat terhadap penginkatan keputusan pembelian.