Peran Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang

Main Author: AmyMahmud, Fantry
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/123008/1/LAMPIRAN_HASIL_UJI_LINIERITAS_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/2/LAMPIRAN_HASIL_TRY_OUT_VARIABEL_X_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/2/JURNAL_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/3/LAMPIRAN_HASIL_TRY_OUT_VARIABEL__Y_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/4/DAFTAR_PUSTAKA_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/4/LAMPIRAN_HASIL_REGERESI_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/5/LAMPIRAN_HASIL_UJI_NORMALITAS_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/6/BAB_II_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/7/BAB_III_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/8/BAB_I_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/9/BAB_IV_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/10/BAB_V_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/11/COVER_SKRIPSI_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/12/DAFTAR_ISI_SKRIPSI_FANTRY_AMY_MAHMUD_115120305111008_PSIKOLOGI.pdf
http://repository.ub.ac.id/123008/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk kualitas pelayanan menggunakan Tjiptono (2007) dan kepuasan pasien menggunakan Wilkie (1994). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien dan keluarga pasien Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang. Peneliti menggunakan prosedur pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi Linier Sederhana yang dihitung dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil analisis menunjukkan terdapat peran signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, ditunjukkan dengan nilai probabilitas (Sig) <  yaitu sebesar 0.000. 2) Kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang sebagian besar pasien menyatakan baik dengan prosentase sebesar 89%. dan kategori sedang sebesar 11%. Kepuasan pasien sebagian besar masuk kategori tinggi. yaitu sebesar 97%. dan kategori sedang sebesar 3%. Hasil perbandingan masing-masing dimensi dapat diketahui bahwa dimensi kehandalan (reliablity) memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu sebesar 45.20 dan terendah yaitu sebesar 30.05 dan yang terendah pada dimensi pada bukti fisik (tangible).