Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Pengguna Internet Untuk Menggunakan Fungsi Single Sign On Google Dengan Metode SEM (Structural Equation Modeling)
Main Author: | Andreina, Lina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/123/1/Lina%C2%A0Andreina.pdf http://repository.ub.ac.id/123/ |
Daftar Isi:
- Google merupakan salah satu penyedia layanan pembuatan akun identitas seperti email yang dapat digunakan untuk registrasi ke berbagai macam situs web lain. Seiring perkembangan zaman, Google menyediakan fungsi single sign on. Fungsi ini memungkinkan pengguna internet hanya melakukan satu kali proses autentikasi untuk dapat memperoleh izin mengakses layanan yang disediakan. Contohnya, dengan satu kali login atau masuk ke dalam akun Google, pengguna secara otomatis masuk ke dalam layanan Google yang lain. Pengguna juga bisa login ke dalam website lain (pihak ketiga) dengan menggunakan fitur Login with Google (Masuk dengan Google) yang biasanya telah disediakan oleh pengelolah website pihak ketiga. Pada saat pengguna memanfaatkan single sign on, tentu terdapat proses pertukaran atau sharing data informasi dari akun yang bersangkutan untuk proses autentikasi. Proses autentikasi tersebut memungkinkan layanan lain sebagai pihak ketiga mengambil informasi sebanyak-banyaknya dari akun Google yang bersangkutan. Hal tersebut menimbulkan risiko pengguna kehilangan data informasi personal. Oleh karena itu diadakan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat pengguna internet untuk menggunakan fungsi single sign on Google dengan metode SEM (Structural Equation Modeling). Penelitian ini mendapatkan 247 responden yang telah menggunakan fungsi single sign on Google. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penelitian yang digunakan telah sesuai menurut Goodnes of Fit dan dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna internet untuk menggunakan fungsi single sign on Google adalah Perceived Usefulness dan Risk.