Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dan Prestasi Akademik Mahasiswa

Main Author: Febridiyanti, Hanindya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122998/1/A_HANINDYA_SKRIPSI.docx.pdf
http://repository.ub.ac.id/122998/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti penting kompetensi dosen berdasarkan persepsi mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa. Keberhasilan mahasiswa untuk meraih IPK tinggi tidak jauh dari persepsi mahasiswa terhadap dosen yang berkompeten. Kompetensi dosen yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari kompetensi pedagogik kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Penelitian ini (N = 1555) dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang dengan sampel mahasiswa yang berasal dari angkatan 2013-2015. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan homogenous sampling, yaitu mengarahkan langsung kepada karakteristik yang spesifik seperti mahasiswa FISIP aktif. Penelitian ini diadaptasi dari penelitian terdahulu yang dilakukan Yusainy,dkk (2016). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah IPK yang tercatat pada akademik kemahasiswaan. Penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan menunjukkan hasil yang signifikan antara kompetensi dosen berdasarkan persepsi mahasiswa dan IPK mahasiswa (rxy = 0,218; p-value = <0,001). Tiap kompetensi dosen menurut mahasiswa mempunyai korelasi yang signifikan terhadap IPK mahasiswa. Kompetensi pedagogik dengan rxy= 0,226 dan p-value= <0,001; kompetensi profesional dengan rxy= 0,224 dan p-value= <0,001; kompetensi kepribadian dengan rxy= 0,143 dan p-value= <0,001; dan kompetensi sosial dengan rxy= 0,084 dan p-value= 0,001. Semakin tinggi kompetensi dosen maupun tiap-tiap kompetensi dosen berdasarkan persepsi mahasiswa maka semakin penting bagi mahasiswa kompetensi dosen terhadap IPK yang dimiliki mahasiswa yang bersangkutan.