Tindakan Kolektif dan Pengorganisasian Followers dalam Kampanye Gaya Hidup Hijau melalui Instagram Earth Hour Malang
Main Author: | Islamic, OnilLaseta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122968/1/Onil_Laseta_Islamic_Tindakan_Kolektif_dan_Pengorganisasian_Followers_dalam_Kampanye_Gaya_Hidup_Hi.pdf http://repository.ub.ac.id/122968/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai sebuah gerakan sosial di bidang lingkungan yakni Earth Hour Malang dalam mencapai sebuah tindakan kolektif dengan mengorganisir followers dalam kampanye Gaya hidup hijau. Dimana untuk mencapai tindakan kolektif yang merupakan tujuan dari gerakan, Earth Hour Malang melakukan komunikasi dan mobilisasi massa melalui Instagram. Konsep tindakan kolektif dari Tom dan Suzzane (2002) digunakan sebagai kerangka analisisnya. Peneliti memilih untuk menggunakan konsep Tom dan Suzzane (2002) karena dianggap relevan yang mana disebutkan bahwa tindakan kolektif dapat berupa tindakan individual dengan tujuan kolektif. Peneliti juga menggunakan konsep komunikasi massa dan mobilisasi untuk menganalisa bagaiman Earth Hour Malang melakukan pengorganisasian followers melalui Instagram. Komunikasi massa dan mobilisasi oleh Tom dan Suzzane (2002) juga menyebutkan bahwa media sosial online dapat digunakan untuk mengumpulkan dan menggerakkan lebih banyak massa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi digital dan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi, catatan lapang, wawancara etnografi, serta teknik pengumpulan data khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan kolektif yang ingin dicapai oleh Earth Hour Malang adalah Gaya hidup hijau. Dimana untuk mengajak masyarakat untuk bergaya hidup hijau, Earth Hour Malang menggunakan fitur-fitur Instagram diantaranya foto, caption, komentar, serta tagar yang berhasil mengajak followers merubah gaya hidup mereka ke gaya hidup hijau.