Hubungan Kampanye Daya Guna Buah Mangrove Dalam Program CSR "Mangrove Information Center" PT. Badak Ngl Terhadap Pengetahuan Dan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Pantai Bontang Kalimantan Timur (Stud
Daftar Isi:
- Dalam UU PT No.40 Tahun 2007 disebutkan bahwa perusahaan yang menjalankan usaha di bidang dan atau bersangkutan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggungjawab sosial berhubungan erat dengan pemberdayaan masyarakat dan komunikasi perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan. Hal ini menyebabkan perusahaan menyusun program yang dikampanyekan untuk mencapai tujuan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan PT Badak NGL dalam kampanye pemberdayaan masyarakat melalui program CSR "Mangrove Information Center" dan bagaimana hubungan kampanye pemberdayaan masyarakat melalui program program CSR "Mangrove Information Center" dengan pengembangan kualitas pengetahuan masyarakat terkait pendayaguanaan tanaman Mangrove. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis eksplanatif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 75 orang penduduk pesisir wilayah mangrove yang terdampak program CSR PT Badak NGL. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa Strategi komunikasi yang dilakukan PT Badak NGL dalam kampanye pemberdayaan masyarakat melalui program program CSR "Mangrove Information Center" dilakukan melalui sosialisasi program, penyuluhan pengetahuan konservasi dan pendayagunaan tanaman Mangrove, pelatihan keterampilan pemanfaatan tanaman Mangrove, dan pemberian dana operasional bergulir. Sementara itu, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dalam penelitian ini, yaitu kampanye pemberdayaan masyarakat melalui program CSR budidaya tanaman Mangrove dan pengetahuan masyarakat terkait daya guna tanaman Mangrove sebagai dampak dari program CSR. Kemudian hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kampanye pemberdayaan masyarakat melalui program CSR dengan dampak dari program CSR di masyarakat dengan kategori korelasi yang cukup berarti.