Daftar Isi:
  • Fenomena korupsi merupakan salah satu tema yang menarik untuk media dalam menyajikan publikasi berita bagi pembaca. Namun dengan adanya berbagai kepentingan yang mempengaruhi media massa, maka terkadang media menjadi tidak lagi mengindahkan objektivitas dan justru terkesan memihak salah satu golongan tertentu. Salah satu fenomena korupsi yang banyak diberitakan adalah kasus Setya Novanto pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan pemberitaan skandal Papa Minta Saham dalam media online Kompas.com dan Tempo.co dilihat dari sisi objektivitas berita. Untuk mengukur objektivitas berita tersebut peneliti menggunakan kerangka konsep dari Westerstahl yang menggunakan dua dimensi yakni faktualitas dan ketidakberpihakan media. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis i si dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Analisis ini digunakan untuk menggambarkan secara deskriptif aspek aspek dari isi berita dan menjabarkan temuan dari data-data yang didapat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu semua artikel berita yang relevan dengan tema penelitian mengenai kasus dugaan pemerasan oleh Setya Novanto dalam media online Kompas.com dan Tempo.co periode tanggal 16 november 2015 s/d tanggal 19 desember 2015. Jumlah berita yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 berita yaitu 32 dari Kompas.com dan 30 dari Tempo.co. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa objektivitas berita Setya Novanto dalam media online Kompas.com menunjukkan nilai kumulatif sebesar 74% yang ada dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk berita objektivitas pada media online Tempo.co menunjukkan nilai kumulatif objektivitas sebesar 58% dengan kategori lebih rendah. Artinya penelitian ini menunjukkan bahwa berita mengenai Setya Novanto yang diproduksi oleh media online Kompas.com menunjukkan kategori yang tinggi, hal ini dibuktikan dengan pemenuhan terhadap 7 indikator objektivitas dari 8 indikator. Sementara itu dari 8 indikator objektivitas pemberitaan pada Tempo.co memiliki unsure objektivitas dalam kategori cukup dengan pemenuhan 5 indikator objektivitas pada berita yang disajikan