Daftar Isi:
  • Peranan pemimpin di dalam sebuah organisasi juga menjadi salah satu unsur penting dalam keberlangsungan organisasi. Penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti dan mendeskripsikan bagaimana peranan pemimpin PT. Pos Indonesia Persero Mojokerto dan upayanya dalam meningkatkan pendapatan PT. Pos Indonesia Persero Mojokerto sehingga dapat menjadi salah satu kantor pos yang memiliki pendapatan tertinggi di Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah kualititif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi. Informan untuk penelitian ini berjumlah 7 orang yang didapatkan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala kantor pos Mojokerto sebagai pemimpin perusahaan berperan cukup besar dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Salah satu yang berpengaruh besar adalah program Perencanaan Rekanan yang digagas oleh kepala kantor pos. Komunikasi horisontal antar karyawan terjalin sangat baik dalam berkoordinasi tentang pekerjaan. Begitu pula dengan komunikasi vertikal, terjalin dengan baik karena memiliki alur koordinasi yang jelas. Oleh karena itu, penyelesaian masalah dalam PT. Pos Indonesia Persero Mojokerto pun dapat diatasi dengan cepat. Karena penelitian ini hanya meneliti dengan paradigma konstruktivis, diharapkan penelitian selanjutnya dapat meneliti secara lebih dalam menggunakan paradigma kritis