Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian pada pemberitaan kecelakaan jatuhnya crane di Mekkah dalam media online CNN.com dan CNNIndonesia.co.id Periode 12 September- 17 September 2015. Peristiwa jatuhnya crane ini menjadi daya tarik bagi peneliti untuk melakukan analisis berita oleh media online CNN karena diasumsikan bahwa media tersebut menjadi lebih intensif dan menjadi kearah negatif yang menyudutkan kelompok tertentu yaitu umat muslim. Sedangkan CNNIndonesia lebih kearah dampak dari peristiwa tersebut atau pemberitaan netral. Ketertarikan analisis peneliti terhadap media CNN dan CNNIndonesia dikarenakan kedua media ini menampilkan sebuah pemberitaan yang berbeda. Peneliti menggunakan Analisis Framing Pan & Kosicki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Fenomena pada penelitian ini yaitu peristiwa kecelakaan jatuhnya crane di Mekkah pada media online CNN dan CNNIndonesia. Peneliti menggunakan teks berita sebagai objek penelitian unuk mempelajari makna dari setiap struktur kalimat. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa screenshot berita dan teks berita meliputi headline, poin-poin pemberitaan dan lead yang dipakai. Penelitian ini menggunakan 9 berita 4 berita CNN dan 5 berita CNNIndonesia, alasan peneliti memilih CNN dikarenakan dari semua media barat yang intens memberitakan tentang peristiwa ini hanya CNN.com. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pada empat struktur dari Pan & Kosicki yaitu Sintaksis, skrip, tematik dan retoris dengan menggunakan batasan-batasan yang mengarah faktor ideologi penguasa media dan kepemilikan media dapat mempengaruhi konstruksi realitas. Hasil analisis peneliti pada pemberitaan jatuhnya crane di Mekkah pada media online CNN.com dan CNNIndonesia.com, menunjukan kecenderungan pemberitaan terletak pada headline dan lead berita. Pada headline media CNN.com kecenderungan memperlihatkan akibat dari peristiwa jatuhnya crane selain itu implikasi jatuhnya crane disebabkan oleh angin dan konstruksi Bin Laden Group, sedangkan pada headline CNNIndonesia.com kecenderungan berita terlihat pada dua hal yang pertama bersifat kemanusiaan santuan Raja Arab dan yang kedua implikasi jatuhnya crane disebabkan oleh badai pasir yang hebat dan crane sudah lama tak terpakai. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar media tetap mengedepankan objektifitas dalam pemberitaan dan menjunjung nilai-nilai etika komunikasi massa dank ode etik jurnalistik.