Pemaknaan Pada Brand Maskapai (Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Pemaknaan Pada Konsumen Lion Air Di Surabaya)

Main Author: Ayudia, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122886/1/Jurnal%2CRatna_Ayudia%2C_105120201111048%2C_Manajemen_Komunikasi.pdf
http://repository.ub.ac.id/122886/2/BAB_I-V_FIX.pdf
http://repository.ub.ac.id/122886/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengarah pada penelitian komunikasi pemasaran, yang dalam hal ini membahas mengenai pemaknaan maskapai Lion Air. Dalam pemaknaan yang digunakan menggunakan teori Osgood. Pada teori Osgood terdapat tiga dimensi yaitu dimensi evaluasi, potensi, dan aktifitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemaknaan pada brand maskapai Lion Air yang dikaji dengan dimensi evaluasi, potensi, dan aktivitas. Penelitian ini mengembangkan indikator conspiciousness, quality, dan uniqueness pada dimensi evaluasi, strength, transaction convenience, benefit convenience pada dimensi potensi, satisfaction dan Decision convenience pada dimensi aktivitas. Metode yang digunakan yaitu confirmatory factor analysis (CFA). Pada konfirmatori mengelompokkan beberapa variabel ke dalam variabel baru berdasarkan hipotesis, konsep, dan teori. CFA digunakan untuk mengkonfirmasi sejumlah indikator yang dapat mengukur variabel latent berlandaskan teori yang ada. Hasil dari penelitian ini pemaknaan Osgood yang meliputi dimensi evaluasi, potensi dan aktivitas. Dalam pengukuran pemaknaan yang dilakukan menghasilkan dimensi evaluasi dan potensi, tidak dapat ditinjau dengan dimensi aktivitas pada teori Osgood. Faktor yang terbentuk berdasarkan faktor yang paling dominan pada dimensi evaluasi pada kemenarikan pada brand Lion Air dan pada dimensi potensi pada kemudahan Lion Air dapat memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan kegiatan transaksi yaitu dengan tarif yang ditawarkan oleh konsumen menjadikan konsumen mudah untuk melakukan transaksi kepada Lion Air. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa konsumen Lion Air tidak melakukan pemaknaan internal pada dimensi aktifitas pada brand. dikarenakan konsumen tidak memberikan pemaknaan internal terhadap brand Lion Air pada dimensi ini, dikarena berdasarkan hasil distribusi dapat diketahui bahwa konsumen netral terhadap kenyamanan brand Lion Air, konsumen juga netral terhadap Lion Air saat menggunakan maskapai Lion Air, dan Lion Air tidak aktif dalam meyampaikan informasi terkini terhadap konsumen.