Hubungan Antara Kecemasan Dalam Menghadapi Tes Dengan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa
Main Author: | Oktavia, IntanTriajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122867/1/SKRIPSI_Intan_Triajeng_Oktavia_125120300111059.pdf http://repository.ub.ac.id/122867/2/JURNAL_Intan_Triajeng_Oktavia_125120300111059.pdf http://repository.ub.ac.id/122867/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecemasan dalam menghadapi tes dengan kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Spearman Rank Correlation. Penelitian ini melibatkan 131 subyek mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai responden penelitian. Kecemasan dalam menghadapi tes diukur menggunakan Test Anxiety Inventory (TAI) milik Spielberger sedangkan kecurangan akademik diukur menggunakan skala kecurangan akademik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kecemasan dalam menghadapi tes dengan kecurangan akademik (p=0,107, r=0,142). Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan kecemasan menghadapi tes yang signifikan berdasarkan jenis kelamin subjek penelitian (p=0,049, t=-1,987) serta terdapat perbedaan kecurangan akademik yang signifikan berdasarkan jenis kelamin subjek penelitian (p=0,012, t=2,548). Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan kecemasan menghadapi tes yang signifikan berdasarkan masa perkembangan subjek penelitian (p=0,454, t=0,751) serta tidak terdapat perbedaan kecurangan akademik yang signifikan berdasarkan masa perkembangan subjek penelitian (p=0,703, t=0,382).