Pemaknaan Konsumen terhadap Program Corporate Social Marketing “Bring Your Own Tumbler” (Studi Kualitatif Deskriptif pada Konsumen Starbucks Coffee Surabaya)Pemaknaan Konsumen terhadap Program Corpora
Main Author: | Aviolitta, Lidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122849/1/SKRIPSI_LIDYA_AVIOLITTA.pdf http://repository.ub.ac.id/122849/2/JURNAL_LIDYA_AVIOLITTA.pdf http://repository.ub.ac.id/122849/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi konsumen terhadap program Corporate Social Marketing “Bring Your Own Tumbler” yang dilakukan oleh Starbucks Coffee. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data in-depth interview. Peneliti memilih informan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen mempersepsikan program Bring Your Own Tumbler bertujuan untuk mengurangi sampah. Melalui program ini Starbucks dapat memelihara dan membentuk citra perusahaan. Program ini juga diinterpretasikan informan sebagai strategi pemasaran Starbucks karena berfokus pada Tumbler Day dan penjualan tumbler Starbucks. Selain itu peneliti menemukan bahwa tumbler Starbucks tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berpartisipasi dalam program Bring Your Own Tumbler, melainkan juga dianggap sebagai marchendise untuk dikoleksi. Peneliti melihat perbedaan persepsi konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi perhatian (faktor internal dan eksternal) serta faktor fungsional. Faktor internal berupa ketertarikan terhadap Starbucks dan lingkungan. Faktor eksternal berupa media promosi, program Starbucks yang diikuti dan informasi dari mitra Starbucks. Serta faktor fungsional yang mempengaruhi persepsi seperti kebutuhan, pengetahuan, pengalaman dan latar belakang informan.