Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu Pemerintah Kabupaten Malang dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu sektor yang pertumbuhannya paling baik dan menghasilkan devisa terbesar di Indonesia. Pemberlakuan otonomi daerah membuat setiap daerah berupaya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satunya adalah potensi pariwisata. Kabupaten Malang yang kaya akan potensi pariwisata menjadi salah satu tujuan utama berwisata baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten Malang, dalam hal ini melalui Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang yang melakukan upaya komunikasi pemasaran terpadu dalam mempromosikan potensi pariwisata daerahnya. Komunikasi pemasaran terpadu merupakan upaya penyampaian pesan pemasaran kepada target audiens dengan menggunakan berbagai alat komunikasi yang terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah dengan menggunakan konsep komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi dengan informan yang merupakan Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang dan beberapa staf dari Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang melalui Bidang Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang menerapkan konsep komunikasi pemasaran terpadu dengan menggunakan advertising, personal selling, sales promotion, direct marketing, publicity/public relations, sponsorship & event marketing, interactive marketing, dan alternative marketing sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Malang agar masyarakat terpersuasi untuk melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten Malang.