Penerapan Target Costing Sebagai Upaya Efisiensi Biaya Produksi Produk Gethuk Pisang (Kasus Penjualan Secara Online Di Ukm Citra Baru Kediri)

Main Author: Rengganis, Pandhan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12281/1/PANDHAN%20RENGGANIS.pdf
http://repository.ub.ac.id/12281/
Daftar Isi:
  • Gethuk pisang merupakan makanan tradisional khas Kediri. Kepopuleran gethuk pisang menyebabkan banyak home industry yang membuka usaha gethuk pisang, salah satunya yaitu UKM Citra Baru. UKM Citra baru memiliki cara agar tetap eksis dipasaran yaitu menjualkan produknya melalui media sosial (online) yaitu website, facebook, dan whatsapp. Kendala yang dialami UKM Citra Baru yaitu harga dari bahan baku utama yaitu pisang raja nangka yang fluktuatif; sulitnya mendapatkan daun pisang kepok pada musim kemarau dan berangin; masih sedikitnya konsumen yang mengetahui bahwa produk gethuk pisang dapat dipesan melalui website, facebook, dan whatsapp; dan keuntungan yang didapat belum sesuai dengan harapan perusahaan. Dengan permasalahan tersebut, efisiensi biaya produksi menggunakan target costing dibutuhkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini memiliki 3 tujuan yaitu mendeskripsikan perbandingan perkembangan sistem penjualan online dan offline; menganalisis biaya produksi yang dikeluarkan dan keuntungan yang diterima dari penjualan online; serta menganalisis hasil efisiensi biaya produksi dan keuntungan dari penjualan secara online di perusahaan dengan penerapan target costing. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. UKM Citra Baru merupakan usaha yang mewakili perusahaan gethuk pisang untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi di lapang dan sebagai syarat dari pendekatan metode kuantitatif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive, yaitu lokasi penelitian dipilih secara sengaja. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu penentuan responden dipilih secara sengaja. Responden yang dipilih merupakan key informant yang mengerti mengenai data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode standard costing, target costing, dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan antara penjualan online dan penjualan offline menunjukkan hasil persentase sebesar 80% untuk penjualan online dan 20% untuk penjualan offline. Berdasarkan persentase tersebut, konsumen lebih berminat membeli produk gethuk pisang secara online. Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan selama tahun 2017 sebesar Rp 189.061.509,- dengan biaya non produksi sebesar Rp 1.703.500,-. Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 33.234.991,- dengan persentase penjualan sebesar 16% atau Rp 408,- per kemasan untuk penjualan online. Setelah dilakukan penerapan target costing, perusahaan mampu menekan biaya produksi menjadi Rp 156.800.000,- per tahun. Pengeluaran untuk gethuk pisang yang terjual online, yaitu sebesar Rp 1.750,- per kemasan dan keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 750,- per kemasan.