Reception Analysis Tentang Kearifan Lokal Dalam Film Craft Lifebuoy Versi “Tree Of Life” (Studi Pada Viewer Film Craft Lifebuoy Versi “Tree Of Life” Di Youtube)

Main Author: Dimasetya, GitaFasi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122802/1/SKRIPSI_GITA_FASI_DIMASETYA.pdf
http://repository.ub.ac.id/122802/
Daftar Isi:
  • Sebagai salah satu bagian dari promotion mix, iklan memiliki peran penting bagi sebuah produk. Menurut Lee & Johnson (2007) periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditrasmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang atau kendaraan umum. Salah satu tema yang dianggap menarik ketika diangkat sebagai tema sebuah iklan adalah budaya. Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya. Walaupun termasuk bagian dari budaya, mempunyai sifat yang lebih spesifik dan unik. Kearifan lokal dapat didefinisikan sebagai suatu kekayaan budaya lokal yang mengandung kebijakan hidup, pandangan hidup (way of life) yang mengakomodasi kebijakan (wisdom) dan kearifan hidup (Suyatno, 2011). Dalam iklannya yang berjudul ―Tree Of Life‖ lifebuoy menampilkan sebuah cerita tentang suatu tradisi di daerah Bitobe, Nusa Tenggara Timur. Di daerah tersebut terdapat tradisi menandai kelahiran seorang anak dengan menanam pohon. Tradisi ini dibuat karena setiap harinya hampir 5000 Ibu di Bitobe kehilangan anaknya sebelum mencapai umur lima tahun karena diare dan pnemonia. Sehingga ketika mereka kehilangan anaknya yang tersisa hanya pohon yang ditanam pada saat anak mereka lahir. Pohon-pohon itulah yang kemudian dirawat. Bagaimana penerimaan audience terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang diangkat dalam iklan menarik untuk dikaji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Reception Analysis. Dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara sebagai metode pengambilan data didapatkan hasil bahwa informan memiliki penerimaan yang berbeda-beda terhadap iklan Lifebuoy versi “Tree Of Life” ini. Selain itu, informan juga memiliki penerimaan berbeda terhadap Lifebuoy yang mengangkat kearifan lokal daerah Bitobe dalam iklannya.