Peran Public Relations Hijup Dalam Menjalankan Aktivitas Media Relations Pada NET.TV

Main Author: Wicaksono, Pandu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122782/1/JURNAL.pdf
http://repository.ub.ac.id/122782/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/122782/
Daftar Isi:
  • HIJUP sebagai perusahaan e-commerce busana muslim online, memiliki divisi public relations dalam struktur organisasinya, yang memiliki tugas utama yaitu menaikkan jumlah customer baru dan meningkatkan awareness masyarakat melalui media relations. Kegiatan media relations yang dilakukan, termasuk dalam peran public relations sebagai teknisi komunikasi. HIJUP hanya berfokus pada peran teknisi komunikasi, namun menurut Grunig (1990), public relations yang baik, akan melaksanakan peran teknisi dan manajer public relations. Menurut Cutlip, Center & Broom (2009) ada empat peran yang bisa dilakukan oleh public relations sebuah perusahaan. Keempat peran tersebut adalah teknisi komunikasi, expert precriber, problem solver dan fasilitator komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk adalah mengetahui peran dari public relations HIJUP dalam melaksanakan aktivitas media relations yang dilakukan pada NET TV. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan studi deskriptif dengan proses pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dalam proses analisis data, peneliti menggunakan interactive model milik Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan memberi kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa public relations HIJUP memiliki andil dalam melaksanakan aktivitas media relations pada NET TV. Public relations melaksanakan peran public relations sebagai teknisi komunikasi dan fasilitator komunikasi, karena aktivitas yang dilakukan meliputi kegiatan penulisan, memproduksi dan menyebarkan komunikasi dan menghubungi media untuk melakukan media relations, serta penyampaian informasi perusahaan kepada pihak media