Marketing Politik Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Studikomparasipasangan Calon Saiful Ilah-Nur Ahmad Syaifuddin Dan Mg Hadi Sutjipto-Abdul Kholik Pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015)

Main Author: Pahlevy, HelmyFarial
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122766/1/bab_1_-_6_fix_lengkap.pdf
http://repository.ub.ac.id/122766/2/Jurnal_fix.pdf
http://repository.ub.ac.id/122766/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Marketing Politik Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Studi Komparasi Pasangan Calon Saiful Illah – Nur Ahmad Syaifuddin dan Hadi Sutjipto-Abdul Kholik Pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana komparasi strategi marketingpolitik dalam proses kampanye politik Tim Pemenangan pasangan calon Saifull Illah – Nur Ahmad Syaifuddin yaitu Sidoarjo Bersinar dan Tim Pemenangan pasangan calon MG Hadi Sutjipto – Abdul Kholik yakni Sidoarjo Hatiku. Serta mengupas bagaimana strategi dan kegiatan yang dihasilkan dari pelaksanaan Tim Pemenangan. Penelitian ini menggunakan analisa pendekatan kampanye politik melalui teori marketing politik Model Adman Nursal dan tinjauan konseptual dalam proses komunikasi politik, yang dilaksanakan Tim Pemenangan Sidoarjo Bersinar dan Sidoarjo Hatiku. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan strategi tim pemenangan melakukan proses marketing politik sebagai langkah sosialisasi kampanye politik dalam mencari dukungan dan mengembangkan citra politik bagi pasangan kandidat yang diusungnya dalam menjaring suara masyarakat kabupaten Sidoarjo. Tim pemenangan melakukan beberapa langkah pemasaran politiknya melalui Strategi aktor politik di lingkungan internal dan eksternal, membuat produk politik dan konten media kampanye politik,menetapkan segmentasi dan target pemilih, berikutnya analisa komparasi kampanye politik dari kedua tim pemenangan yakni Sidoarjo Bersinar dan Sidoarjo Hatiku pada kampanye politik Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015.Penelitian ini berjudul Marketing Politik Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Studi Komparasi Pasangan Calon Saiful Illah – Nur Ahmad Syaifuddin dan Hadi Sutjipto-Abdul Kholik Pada Pilkada Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana komparasi strategi marketingpolitik dalam proses kampanye politik Tim Pemenangan pasangan calon Saifull Illah – Nur Ahmad Syaifuddin yaitu Sidoarjo Bersinar dan Tim Pemenangan pasangan calon MG Hadi Sutjipto – Abdul Kholik yakni Sidoarjo Hatiku. Serta mengupas bagaimana strategi dan kegiatan yang dihasilkan dari pelaksanaan Tim Pemenangan. Penelitian ini menggunakan analisa pendekatan kampanye politik melalui teori marketing politik Model Adman Nursal dan tinjauan konseptual dalam proses komunikasi politik, yang dilaksanakan Tim Pemenangan Sidoarjo Bersinar dan Sidoarjo Hatiku. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan strategi tim pemenangan melakukan proses marketing politik sebagai langkah sosialisasi kampanye politik dalam mencari dukungan dan mengembangkan citra politik bagi pasangan kandidat yang diusungnya dalam menjaring suara masyarakat kabupaten Sidoarjo. Tim pemenangan melakukan beberapa langkah pemasaran politiknya melalui Strategi aktor politik di lingkungan internal dan eksternal, membuat produk politik dan konten media kampanye politik,menetapkan segmentasi dan target pemilih, berikutnya analisa komparasi kampanye politik dari kedua tim pemenangan yakni Sidoarjo Bersinar dan Sidoarjo Hatiku pada kampanye politik Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015.