Pengaruh Dimensi E-Service Quality (ESERVQUAL) terhadap Minat Beli Konsumen pada Website Zalora.co.id dalam Perspektif Elaboration Likelihood Model”
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan dunia komunikasi pemasaran yang begitu pesat di Indonesia. Kemajuan tersebut tidak terlepas dari daya konsumtif mahasiswa berbelanja pakaian secara impulsif. Website e-commerce menyediakan fasilitas belanja dengan cara-cara persuasif melalui variabel-variabel pemasaran, dan salah satunya yaitu kualitas layanan online atau E-Service Quality. Penelitian bertujuan mengetahui variabel dari dimensi E-service Quality (ESERVQUAL) yang paling dominan terhadap minat beli konsumen pada website Zalora.co.id dengan perspektif Elaboration Likelihood Model. Variabel yang terdapat pada dimensi E-Service Quality, yaitu Trust, Speed Of Delivery, Reliability, Ease Of Use, Customized Communication, Website Content and Functionality. Keenam variabel tersebut akan diuji secara simultan dan parsial yang berguna untuk melihat ada tidaknya pengaruh secara keseluruhan variabel independen terhadap variabel dependen, dan melihat secara sendiri-sendiri ditiap variabel terhadap variabel minat beli. Penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya Malang dengan metode survei. Sasaran penelitian, mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang pernah mengakses website Zalora.co.id. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang sebesar 58.000 mahasiswa. Pengambilan jumlah sampel dengan tingkat toleransi 10%, mendapat jumlah 99 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam perspektif ELM terdapat dua rute, yaitu sentral dan periferal. Variabel yang berada pada rute periferal, yaitu Trust, Reliability, Ease Ofe Use, Customized Communication. Keempat variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen, yaitu minat beli konsumen, dan variabel paling dominan yaitu Trust. Sedangkan variabel Speed Of Delivery dan Website Content and Functionality tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, dan dua variabel ini terdapat pada rute sentral.