Jaringan Promosi Celebrity Endorse Dalam Instagram (Studi Analisis Jaringan Komunikasi Pada Akun @Joyagh Di Instagram)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan pengaplikasian metode analisis jaringan komunikasi pada fenomena promosi melalui selebriti endorse di media sosial instagram. Penelitian ini adalah pengembangan pada analisis jaringan yang telah memenuhi aspek cultural yang berbeda dengan analisis jaringan konvesional. Paradigma yang digunakan adalah post-positivisme dengan teknik pengumpulan data unobtrusive methods. Pada penelitian ini juga ditambahkan kajian tentang teori pertukaran sosial dan ekonomi media untuk membantu menjelaskan bagaimana hubungan dan interaksi serta aspek-aspek yang berkaitan dengan produksi hingga distribusi. Sociogram menunjukkan kecenderungan pola jaringan promosi di akun @joyagh membentuk jaringan wheel network merupakan bentuk yang fokus terhadap aktor sentral sebagai fasilitator pesan antara anggota dalam jaringan. Pengukuran density menunjukkan kohesifitas dalam jaringan ini rendah. Pengukuran degree, dan closeness didominasi oleh akun-akun online shop. Dalam pengukuran betweeness didominasi oleh akun-akun personal yang menjadi perantara anggota dalam jaringan. Pada klik ditemukan adanya personal interlocking yang didasari social capital teman SMA maupun kuliah serta communication proximity antara anggota dalam jaringan yang tidak saling mengenal. Dari beberapa hasil penjelasan dapat dirumuskan akun-akun selebriti endorse merupakan aktor yang berpengaruh dalam pemasaran di era digital saat ini.