Etnografi Digital Pola Komunikasi Kaum Homoseksual (Gay) Dalam Instant Messenger Grindr
Main Author: | Febrianti, Irma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122719/1/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122719/2/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122719/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Etnografi Digital: Pola Komunikasi Kaum Homoseksual (Gay) dalam Instant Messenger Grindr. Kaum gay merupakan kaum minoritas yang berada di tengah-tengah masyarakat heteroseksual. Dalam kehidupan masyarakat setiap manusia sebagai mahluk sosial selalu terlibat dalam interaksi. Begitu halnya dengan kaum minoritas gay yang keberadaannya sampai saat ini belum mendapat tempat dimasyarakat. Kaum gay memanfaatkan new media dalam berkomunikasi antar sesama gay yaitu dengan menggunakan instant messenger Grindr. Grindr adalah aplikasi yang di khususkan untuk gay. Dalam berinteraksi di Grindr, kaum gay mempunyai pola komunikasi tersendiri. Kaum gay juga menggunakan kata-kata khusus yang hanya diketahui oleh pengguna Grindr atau kaum gay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi homoseksual dalam instant messenger Grindr. Penelitian ini menggunakan konsep Pola Komunikasi dan menggunakan metode Etnografi Digital. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Wawancara dilakukan pada 7 informan yang merupakan pengguna Grindr selama lebih dari 3 bulan. Teknik analisis data yakni dengan melakukan pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa dalam berkomunikasi, pengguna Grindr menggunakan bahasa khusus yang hanya diketahui oleh pengguna Grindr dan kaum gay. Dapat diketahui juga bahwa Pola Komunikasi Kaum Gay dalam Instant Messenger Grindr terbagi menjadi lima, yaitu Pola Perkenalan, Pola Komunikasi dengan Tipe yang Disukai, Pola Komunikasi dengan yang Bukan Tipe, Pola Komunikasi dengan Teman, dan Pola Komunikasi Penawaran Jasa.