Hubungan Antara Psychological Well Being Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Mengerjakan Tugas Pr Pada Siswa Sma
Main Author: | DavidStefanus, John |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122701/1/Skripsi_johndavid_115120300111044.pdf http://repository.ub.ac.id/122701/2/Jurnal_Skripsi_johndavid_115120300111044.pdf http://repository.ub.ac.id/122701/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara psychological well being dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan tugas PR pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil populasi siswa dari SMA Negeri 36 Jakarta yang memasuki masa remaja khususnya yang memasuki tahap remaja pertengahan berusia antara 15-18 tahun (Monks dkk, 2006). Subjek penelitian berjumlah 278 orang siswa yang terdiri dari kelas X dan kelas XI, sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik convenience sampling. Skala variabel psychological well being disusun berdasarkan teori Ryff (Ryff, 1989) dan variabel prokrastinasi akademik disusun berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ferrari, dkk (Ghufron, 2003). Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Pearson. Dilihat dari penelitian yang telah dilakukan ini didapatkan hasil yaitu nilai korelasi pearson antara variabel psychological well being dan prokrastinasi akademik sebesar - 0.457 dengan nilai signifikansi (p) = 0.000 < 0.05 yang berarti hipotesis diterima.