Pelayanan Pendidikan Dasar Di Desa Krucil Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun 2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan tentang pelayanan pendidikan dasar di Desa Krucil Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah memberikan penjelasan dan pemaparan tentang tata kelola layanan pendidikan dasar yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Krucil, Pemerintah Desa Krucil dan lembaga sekolah tingkat pendidikan dasar sembilan tahun di Desa Krucil. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik baru dari Janet V. Denhardt dan Robert B. Denhardt sebagai pisau analisis untuk membahas masalah dalam penelitian ini. Teori ini memiliki tujuh indikator, yaitu melayani warga negara bukan pelanggan, mewujudkan kepentingan publik, lebih mengutamakan nilai-nilai kewarganegaraan dibandingkan kewirausahaan, berpikir strategis dan bertindak demokratis, menyadari bahwa akuntabilitas bukanlah sesuatu yang mudah, pejabat publik memiliki tugas melayani bukan mengendalikan, dan menilai warga negara bukan semata-mata atas dasar produktivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball. Hasil penelitian ini bahwa pelayanan pendidikan dasar di Desa Krucil masih rendah, dikarenakan beberapa faktor, sebagai berikut: faktor geografis, Desa Krucil termasuk daerah perbatasan dengan akses yang jauh dari ibukota Kabupaten Probolinggo ± 51 KM, faktor sosial: kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan, faktor politik: pemerintah Kabupaten Probolinggo belum adil dalam menyediakan sarana dan prasarana sekolah baik untuk siswa maupun guru, masih banyak kekurangan guru dan kesejahteraan GTT kurang di Desa Krucil, serta faktor budaya: masih terdapat pernikahan siri di usia muda dan terdapat beberapa orang tua siswa yang masih sayang uang (eman pesseh) untuk membelikan perlengkapan sekolah anaknya.