Analisis Efisiensi Biaya Produksi Menggunakan Pendekatan Target Costing Pada Produk Suwar – Suwir Berbasis Online Di Ud. Mutiara Rasa, Jember, Jawa Timur

Main Author: Sari, Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/12267/1/YUNITA%20SARI.pdf
http://repository.ub.ac.id/12267/
Daftar Isi:
  • Persaingan bisnis saat ini semakin kompetitif seperti perusahaan yang menjual makanan khas oleh – oleh di kota – kota tertentu misalnya Jember yang menjual makanan oleh – oleh seperti suwar – suwir dengan penjualan secara online sehingga perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan mencapai tujuan perusahaan yaitu mencapai target keuntungan yang diharapkan. Produk yang diproduksi perusahaan adalah suwar – suwir berasal dari bahan baku tape singkong. Bahan baku didapatkan dari supplier yang sudah bekerja sama dengan perusahaan. Produk suwar – suwir dijual secara online dan offline. Penjualan secara online melalui media seperti Instagram, WhatsApp, Facebook dan Email. Persentase penjualan online yang dilakukan perusahaan sebesar 50% namun belum mencapai target keuntungan perusahaan. Perusahaan menginginkan laba sesuai dengan targetnya namun sulit diterapkan dikarenakan biaya produksi yang belum efisien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penjualan online dan offline, menganalisis biaya produksi yang efisien dan keuntungan yang diharapkan perusahaan. Metode yang digunakan perusahaan adalah full costing dimana perusahaan tidak menghitung biaya produksi terlebih dahulu sebelum melakukan produksi sehingga biaya yang digunakan tidak efisien dan belum mampu mencapai keuntungan sesuai target perusahaan. Mengatasi hal tersebut untuk mengefisiensikan biaya produksi menggunakan metode target costing. Metode ini mampu mengefisiensikan biaya produksi dan mampu meningkatkan keuntungan sesuai target perusahaan sebesar 40%. Hasil perhitungan total biaya produksi menggunakan metode full costing sebesar Rp 763.576.571 sedangkan menggunakan metode target costing total biaya produksi sebesar Rp 678.888.000. Selisih biaya antara kedua metode tersebut adalah sebesar Rp 84.688.571. Setelah itu, dilakukan rekayasa nilai untuk menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas produknya. Perhitungan menggunakan target costing mampu mengefisiensikan biaya produksi dengan rekayasa nilai sebesar Rp 104.772.000. Biaya yang mampu efisien menggunakan metode target costing untuk bahan baku sebesar Rp 85.950.000, biaya kemasan sebesar Rp 15.552.000 sedangkan pemasaran online sebesar Rp 3.270.000. Pemasaran online tersebut perusahaan bekerja sama dengan pihak Grab Food sehingga keuntungan Grab sebesar 15% dari penjualan online suwar – suwir. Adanya penambahan media tersebut akan meningkatkan penjualan online dengan asumsi sebesar 56.574 kilogram suwar – suwir sehingga mampu membantu meningkatkan keuntungan perusahaan. Hasil perhitungan biaya per kilogram suwar – suwir dengan metode full costing sebesar Rp 13.630 untuk rasa original dan suwar – suwir Mix rasa sebesar Rp 13.545. Sedangkan menggunakan metode target costing sebesar Rp 12.000. Selisih untuk suwar – suwir original sebesar Rp 1.630 dan suwar – suwir Mix rasa sebesar Rp 1.545. Adanya perbandingan selisih tersebut akan berpengaruh pada pendapatan yang diterima perusahaan. Perbedaan ii biaya tersebut mampu memberikan keuntungan pada perusahaan sesuai target biaya yang diharapkan.