Hubungan Antara Motivasi Bermain Game Online Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan motivasi bermain game online dengan prokrastinasi akademik. Subjek penelitian berjumlah 82 orang mahasiswa yang bermain game online pada warnet yang telah ditentukan yaitu Flux, Valkyrie, Evergreen, dan Centro. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi bermain game online adaptasi milik Yee (2006) dan skala prokrastinasi akademik adaptasi dari skala Ferrari (2003). Hasil analisis melalui koefisien korelasi Producr Moment (r) sebesar -0,374 dengan p=0,001 yang menunjukkan ada hubungan linier negatif yang berada pada rentang rendah. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi bermain game online, maka semakin rendah pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Begitu pula sebaliknya, semakin tinggi prokrastinasi akademik, maka semakin rendah pula motivasi bermain game online pada mahasiswa.