Pengaruh Persentase Komposit Al-Zeolit Metode Metalurgi Serbuk Terhadap Porositas dan Penyerapan Emisi Motor Bensin
Main Author: | Junaidi, A’ang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/12265/ |
Daftar Isi:
- Salah satu cara untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor adalah dengan memanfaatkan batu zeolit. Zeolit dipilih karena memiliki kemampuan adsorpsi pada permukaan padat. Salah satu cara adsorpsi pada zeolit berlangsung lebih optimal dengan merubahnya menjadi serbuk. Teknologi metalurgi serbuk atau powder metallurgy (P/M) merupakan proses pengerjaan logam dengan menggunakan bahan baku berupa serbuk yang diberi penekanan dan pemanasan dibawah titik leleh. Metalurgi serbuk dapat menghasilkan material berpori yang cocok sebagai filter. Komposit Al-Zeolit adalah gabungan dari serbuk daur ulang alumunium berupa chip atau geram yang dirubah menjadi serbuk yang berfungsi sebagai matriks pada komposit. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari pengaruh zeolit terhadap porositas dan penyerapan emisi gas buang dengan memvariasikan fraksi berat dari zeolit 0%, 10%, 20%, 30% dan 40% terhadap serbuk aluminum pada tekanan 40 MPa dan suhu sintering 430OC. Hasil penelitian menunjukkan fraksi berat zeolit pada komposit akan menurunkan nilai apparent density sehingga menaikkan nilai porositas. Fraksi berat 80% alumunium dan 20% zeolit menunjukkan nilai porositas yang terbesar yaitu 21.49%. Spesimen dengan fraksi berat 60% alumunium dan 40% zeolit merupakan spesimen komposit yang paling efisien dalam menurunkan kandungan emisi gas buang dengan adsorpsi gas CO 34.03%, menaikkan gas CO2 yang terbentuk 27.66%, dan adsorpsi gas HC 91.40% pada rpm 3000.