Pengaruh Brand Knowledge Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Produk Erigo Dengan Analisis Elaboration Likelihood Model )
Main Author: | Korimesinta, Yulanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122626/1/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122626/2/Pengaruh_Brand_Knowledge_dan_Sales_Promotion_Terhadap_Keputusan_Pembelian.pdf http://repository.ub.ac.id/122626/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara brand knowledge dan sales promotion terhadap keputusan pembelian pada produk Erigo dengan menggunakan analisis Elaboration Likelihood Model. Seseorang yang memiliki brand knowledge dikategorikan sebagai konsumen yang mampu memproses pesan melalui rute sentral ketika akan memutuskan membeli produk Erigo. Sedangkan seseorang yang memproses pesan melalui rute periferal adalah konsumen yang memutuskan untuk melakukan pembelian karena dipengaruhi oleh sales promotion yang ditawarkan. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif jenis eksplanatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan konsumen brand Erigo untuk dijadikan sebagai sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kedua variabel independen memiliki aspek penawaran harga yang dapat mempengaruhi keputusan dengan pemrosesan pesan secara berbeda, yaitu melalui rute sentral dan rute periferal. Konsumen yang memiliki brand knowledge akan memiliki keterlibatan dan need for cognition tinggi pada produk Erigo yang dipengaruhi oleh kuatnya brand association yang tersimpan di dalam memori konsumen tentang kesan fashionable dan penawaran harga yang diberikan. Sedangkan proses pengolahan pesan pada rute periferal, menjelaskan bahwa Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh stimulus atau sinyal penawaran harga dan hadiah menarik (insentif penjualan) yang ditawarkan melalui program sales promotion. Dominasi keputusan pembelian konsumen sebagian besar dipengaruhi oleh sinyal sales promotion dengan memproses pesan melalui rute periferal. Hasil penelitian ini juga menjelaskan masing-masing perilaku yang diakibatkan melalui pengambilan rute berpikir konsumen yang dipengaruhi oleh brand knowledge dan sales promotion.