Perbedaan Efektivitas Mendongeng Menggunakan Metode Bermain Peran Dan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Main Author: Lizhardy, RizkaAzariaUsa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122621/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/122621/2/MODUL_DONGENG_MENGGUNAKAN_BONEKA_TANGAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/122621/3/abstrak.pdf
http://repository.ub.ac.id/122621/3/BERITA_ACARA_SEMPRO.pdf
http://repository.ub.ac.id/122621/4/MODUL_DONGENG_MENGGUNAKAN_BERMAIN_PERAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/122621/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah melihat perbandingan efektivitas mendongeng menggunakan metode bermain peran dan boneka tangan dalam meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan melibatkan 34 subjek. Instrumen yang digunakan adalah alat ukur prososial anak usia dini berupa 8 seri kartu bergambar yang berkaitan dengan aspek pengetahuan perilaku prososial. Terdapat 3 hipotesis penelitian, masing-masing metode mendongeng yaitu bermain peran dan boneka tangan efektif meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini dan ada perbedaan efektivitas mendongeng menggunakan metode bermain peran dan boneka tangan untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini. Hasil uji paired sample T-test menunjukkan bahwa mendongeng menggunakan metode bermain peran efektif serta mendongeng menggunakan metode boneka tangan efektif untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini. Hasil uji independent sample T-test adalah tidak terdapat perbedaan efektivitas mendongeng menggunakan metode bermain peran dan boneka tangan dalam meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini.