Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Motivasi Individu Dalam Mengkonsumsi Pakaian Secondhand Bermerek Di Kota Malang
Main Author: | Utomo, AldyPrastyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122607/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122607/2/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122607/ |
Daftar Isi:
- Sejalan dengan perkembangan trend fashion maupun produk garmen di Tanah Air, ada sebuah fenomena lain dalam perilaku pembelian pakaian oleh masyarakat Kota malang, yakni trend mengkonsumsi pakaian secondhand bermerek. Produk garmen dewasa ini telah menjadi komoditi utama pasar barang bekas, di beberapa daerah seperti halnya Kota Malang dapat ditemui unit usaha yang khusus menjual barang bekas berupa pakaian, entah itu bekas pakai, cacat pabrik sampai sisa impor. Namun, tentu saja kesinambungan usaha menjadi mustahil tanpa didukung oleh antusiasme masyarakat terhadap produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang mendasari individu dalam mengkonsumsi pakaian secondhand bermerek di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan Teori Motivasi dari Tolman, serta analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara pada empat konsumen aktif pakaian secondhand bermerek di Kota Malang sebagai informan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam mengkonsumsi pakaian secondhand, pengenalan dan pemahaman mengenai produk didapat dari pengaruh lingkungan sekitar, baik dari lingkungan pergaulan maupun lingkungan keluarga. Pembelajaran dan persepsi terhadap merek diperoleh selama individu mengkonsumsi pakaian secondhand yang memunculkan persepsi bahwa pakaian secondhand merupakan produk yang berkualitas, beragam, serta branded. Motivasi mengkonsumsi produk yang ditemukan dalam penelitian ini ialah motivasi ekonomi, representasi citra diri, serta prestise. Motivasi tersebut bersumber pada dua hal, yakni motivasi yang berasal dari perubahan lingkungan eksternal dan motivasi yang berasal dari proses belajar.