Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pembimbingan dalam proses bimbingan skripsi yang dilakukan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya dengan dosen pembimbing skripsi dalam penyelesaian tugas akhir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang berfokus pada pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan FGD (Focus Group Discussion). Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi metode untuk mevalidasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa setiap dosen pembimbing skripsi memiliki pola yang sama. Pola komunikasi dalam proses pembimbingan skripsi tersebut adalah pola bebas (all channel) yang dalam proses komunikasinya terdapat keterbukaan, kejujuran, dan ada proses timbal balik. Jadwal bimbingan, media komunikasi, dan pola bimbingan yang sudah ditetapkan setiap dosen memudahkan mahasiswa bimbingan dalam proses penyelesaian tugas akhirnya. Kegiatan bimbingan menjadi satu rutinitas yang penting untuk dilakukan mahasiswa dan dosen pembimbing dengan tujuan terselesaikannya tugas akhir.