Persepsi Konsumen terhadap Brand Image Roti Bluder Cokro

Main Author: Rahajeng, Hestia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122585/1/Hestia_Rahajeng_0911223086.pdf
http://repository.ub.ac.id/122585/1/JURNAL_Hestia_Rahajeng_0911223086.pdf
http://repository.ub.ac.id/122585/
Daftar Isi:
  • Brand image merupakan serangkaian kumpulan asosiasi yang ada dalam benak konsumen terhadap suatu merek. Pemaknaan suatu merek akan menjadi sangat kuat jika berdasarkan pada pengalaman atau masukan informasi. Brand image mempresentasikan persepsi yang bisa merefleksikan kenyataan yang obyektik ataupun tidak. Roti Bluder Cokro merupakan salah satu makanan khas dari Kota Madiun. Bluder Cokro ini memiliki berbagai macam brand image dalam menarik minat konsumen. Hubungan brand image dengan persepsi konsumen dalam penelitian ini adalah bagaimana Bluder Cokro sebagai merek dipersepsikan oleh konsumen dibandingkan dengan merek – merek bluder yang lainnya. Sehingga pada akhirnya akan terbentuk suatu proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan komponen milik Joseph Plummer yaitu komponen brand image yang terdiri atas product attributes, consumer benefits dan brand personality. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer. Teknik pemilihan informan adalah dengan purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah merasakan dan membeli roti Bluder Cokro. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan cara wawancara ke berbagai informan hingga menemukan data jenuh. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan metode keabsahan dat menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah persepsi konsumen terhadap brand image roti Bluder Cokro yang berdasarkan product attributes,consumer benefits dan brand personalitymenggambarkan bahwa konsumen mampu menerima dan mempersepsikan segala komponen brand image Bluder Cokro dengan baik. Sehingga setelah konsumen terpengaruh, konsumen kemudian melakukan suatu tindakan pembelian terhadap produk Bluder Cokro.