Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Pembelian Merchandise pada Kelompok Suporter Liverpool Football Club (BIGREDS) Malang
Main Author: | Nugraha, DanarSuslia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122574/1/SKRIPSI_Danar_0911230006.pdf http://repository.ub.ac.id/122574/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara konformitas kelompok dan perilaku konsumtif terhadap pembelian merchandise pada kelompok suporter Liverpool FC (BIGREDS) Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling accidental sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel konformitas (X), dan perilaku konsumtif pembelian merchandise (Y). Subjek yang digunakan adalah member resmi BIGREDS Malang yang berjumlah 60 orang. Metode analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian dengan uji korelasi (rxy) diperoleh nilai sebesar 0,661 dengan p = 0.000, yang menunjukan kedua variabel saling berhubungan dengan kategori kuat. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan konformitas kelompok dan perilaku konsumtif terhadap pembelian merchandise berkorelasi positif. Artinya, semakin tinggi konformitas kelompok semakin tinggi juga perilaku konsumtifnya terhadap pembelian merchandise. Sebaliknya, semakin rendah konformitas maka semakin rendah juga perilaku konsumtif terhadap pembelian merchandise pada kelompok suporter BIGREDS Malang.