Daftar Isi:
  • Regulasi emosi dapat membantu meminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan dan melihat sejauh mana kompetensi berperan secara efektif pada pengambilan keputusan untuk memilih suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran regulasi emosi terhadap kompetensi pengambilan keputusan memilih jurusan di Perguruan Tinggi pada siswa SMA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur dalam pengumpulan data penelitian adalah skala regulasi emosi yang disusun mengacu pada dimensi (Gratz dan Roemer, 2004), serta skala kompetensi pengambilan keputusan (Ayunda, 2015). Dengan menggunakan uji hipotesis regresi linier sederhana, didapatkan hasil bahwa terdapat peran regulasi emosi terhadap kompetensi pengambilan keputusan memilih jurusan di Perguruan Tinggi Pada siswa SMA (sig 0,037 < 0,05).