Indonesia, The Paradise Of Foreign Drama (Kompetisi Media: Analisis Niche Kepuasan Audiens Dalam Menonton Serial Drama Asing India, Korea Atau Turki Di Indonesia)
Main Author: | Wanodyatama, Wiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122553/1/SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122553/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan riset kajian ekonomi media yang berfokus pada ruang lingkup kompetisi media. Peneliti menerapkan studi khalayak dengan memadukan analisis niche dan teori uses and gratification. Penelitian ini mengungkapkan kepuasan yang diperoleh audiens dalam menyaksikan serial drama asing India, Korea atau Turki menggunakan metode kuantitatif. Dari kepuasan yang diteliti tersebut, dianalisis kompetisi antar ketiga serial drama asing dalam memperebutkan pangsa pasar menggunakan teori niche dengan menghitung niche breadth, niche overlap dan competitive superiority. Survei dilakukan pada 90 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya yang menyukai serial drama asing India, Korea atau Turki. Hasil pengukuran niche breadth menunjukkan bahwa drama India bersifat spesialis, sedangkan drama Turki bersifat generalis. Niche overlap menunjukkan persaingan yang kuat terjadi antara drama Korea dan drama Turki, sehingga mengindikasikan terjadinya substitusi pada salah satu drama. Sementara itu drama Turki keluar sebagai serial drama asing yang paling superior dari ketiganya.