Pengaruh City Brand Communication Terhadap Keputusan Memilih Kota Malang Sebagai Tempat Melanjutkan Pendidikan

Main Author: Archadia, Oldy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122544/1/Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/122544/1/Jurnal.pdf
http://repository.ub.ac.id/122544/
Daftar Isi:
  • Banyak kota melakukan aktivitas city branding agar dapat menarik wisatawan sehingga mendatang pertumbuhan ekonomi dan investasi. Kota Malang juga memiliki slogan “Beautiful Malang” dimana slogan ini adalah bentuk dari kegiatan city branding Kota Malang. Walaupun slogan ini lebih condong untuk membangun pariwisata Kota Malang dan terbukti sukses dalam mendatangkan wisatawan, namun jumlah mahasiswa di Kota Malang juga meningkat di tiap tahunnya, sehingga penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang nyata antara variabel city brand communication terhadap keputusan memilih. Jenis penelitian ini adalah riset eksplanatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah riset menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Target responden yang diteliti adalah mahasiswa Kota Malang yang sedang melanjutkan pendidikan sarjana. Variabel X pada penelitian ini adalah City Brand Communication, sedangkan Keputusan Memilih sebagai variabel (Y). dimana variabel X menggunakan 2 indikator, unintentional communication dan intentional communication, sedangkan variabel Y menggunakan 1 indikator, dengan sebanyak 31 item pernyataan yang diajukan kepada responden. Dari hasil penelitian mengenai Pengaruh city brand communication terhadap keputusan memilih Kota Malang pada mahasiswa Kota Malang, maka dapat diperoleh disimpulkan sebagai berikut Koefisien determinasi yang dihasilkan pada analisis regresi linier sederhana menunjukkan kontribusi variabel bebas (X) dalam penelitian untuk dapat menerangkan atau memberikan pengaruh pada variabel terikat (Y). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel bebas City Brand Communication (X) terhadap variabel terikat adalah sebesar 34% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.